Opening Ceremony CMCC 2018
Kamis, 25 Oktober 2018

Pada hari Kamis (25/10), Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara menyelenggarakan Opening Ceremony  Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi V Tingkat Nasional Piala Ketua Mahkamah Konstitusi (Constitutional Moot Court Competition (CMCC) 2018) Kerjasama antara Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dan Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara. Opening Ceremony diselenggarakan di Ruang Auditorium lantai 3 dan lantai 4 Gedung Utama Universitas Tarumanagara.

Acara dibuka oleh penampilan Peje Club yang menarikan tarian daerah dan perarakan piala bergilir Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi dengan diiringi tarian-tarian daerah, dilanjutkan oleh sambutan dari Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi serta Rektor Universitas Tarumanagara, dan diakhiri dengan Seminar Nasional.

Seminar Nasional menghadirkan 4 narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Dr. Maruarar Siahaan S.H., M.H. ; Prof. Dr. Syarizal Bakhri, S.H., M.H. ; Prof. Dr. dr. Wimpie, Sp.And. ; dan Arist Merdeka Sirait, S.H. Seminar tersebut dikemas dalam bentuk Talkshow dengan tema “Kebiri Kimia dalam Perspektif Konstitusi dan Hukum Pidana” dan dipandu oleh 2 moderator, yaitu Rugun Romaida Hutabarat, S.H., M.H. dan Ade Adhari, S.H., M.H., keduanya merupakan dosen Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara.

Opening Ceremony dan Seminar Nasional CMCC 2018 dihadiri sekitar 300 peserta, yang berasal dari Petinggi Yayasan Tarumanagara beserta jajarannya, rektor beserta jajarannya, pimpinan Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara beserta jajarannya, para tamu undangan, mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara, serta 12 delegasi yang lolos dalam babak penyisihan Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi 2018 (Universitas Diponegoro, Universitas Islam Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Lampung, Universitas Merdeka Malang, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Negeri Surabaya, Universits Padjadjaran, Universitas Pamulang, Universitas Trisakti, dan Universitas Sumatera Utara).

Di akhir acara dilakukan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya CMCC 2018 oleh Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, S.H., M.H. yang disaksikan oleh Ketua Yayasan Tarumanagara Dr. Gunardi, S.H., M.H., Rektor Universitas Tarumanagara Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, dan Dekan Fakultas Hukum Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M. (RAP)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018