Dibuka Dengan Webinar Nasional, Tarumanagara Law Fair III Resmi Diselenggarakan
Jumat, 21 Mei 2021

Dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan serta sumber daya dari pelajar-pelajar Indonesia, Universitas Tarumanagara mengadakan lomba bertaraf Nasional. Lomba yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanagara bernama Tarumanagara Law Fair III pada tahun 2021, lomba ini telah diadakan untuk yang ketiga kalinya. Lomba kali ini mengusung tema “Penyelesaian Perkara Wanprestasi melalui Mediasi” dan diikuti dengan webinar nasional dengan tema “Implementasi Restorative Justice: Mediasi Sebagai Upaya Penyelesaian Perkara Wanprestasi”. Acara ini diadakan pada tanggal 21 – 23 Mei 2021 yang menghadirkan Narasumber: Dr. R.M. Gatot P Soemartono, S.E., S.H., M.M., LL.M. dan Edy Wibowo, serta Vera Wheni S, S.H., LL.M. selaku moderator atas Webinar yang diselenggarakan. Selain itu turut hadir para juri Tarumanagara Law Fair III yang merupakan perwakilan dari pihak Mahkamah Agung, yakni Dr. Andi Julia Cakrawala, S.H.,M.H., Achmad Cholil, S.Ag., S.H., LL.M., Ismu Bahaiduri, S.H., Dr. Riki Perdana Ray Waruwu, S.H., M.H., Latifa Setyawati, S.H., M.Hum., Selviana Purba, S.H., LL.M. dan para juri Tarumanagara Law Fair III perwakilan dari Universitas Tarumanagara, yakni Dr. Ahmad Redi, S.H., M.H., Christine S.T. Kansil, S.H., M.Hum., Prof. Dr. Ahmad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn., Dr. Gunardi Lie, S.H., M.H., Yuwono Prianto, S.H., M.H., Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H., Mia Hadiati, S.H., M.Hum., Dr. Rasji, S.H.,M.H.

Kompetisi yang diadakan ini merupakan pergelaran nasional yang di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara serta diawasi oleh pihak Universitas Tarumangara yang bekerja sama dengan Mahkamah Agung serta menjadi tanggung jawab dari pihak Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara serta Universitas Tarumanagara, guna meningkatkan kemampuan para peserta untuk dapat berfikir lebih kritis serta berkembang dalam proses berpikir dalam menyelesaikan sebuah perkara melalui jalur non litigasi, peningkatan ini juga untuk meningkatkan profesionalisme dalam melakukan penyelesaian perkara tersebut. Agar Sumber Daya Manusia yang terutama para pelajar yang mengikuti kompetisi ini agar mampu bersaing dengan masyarakat nasional maupun internasional.

Dalam Kompetisi ini yang lolos dalam tahap penyeleksian terdapat 12 delegasi dari berbagai Universitas ternama di Indonesia yang diantaranya, Universitas Islam Sultan Agung, Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Universitas Muhamadiyah Metro, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Lampung, Universitas Panca Bhakti, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada Kompetisi kali ini 12 Delegasi inilah yang beruntung pada tahap seleksi pemberkasan dan akan lanjut pada tahap penyisihan simulasi mediasi yang akan ditampilkan berikutnya secara live via Zoom.

Hari pertama keberlangsungan Kompetisi ini ditandai dengan antusiasme peserta Webinar Nasional pada akhir Opening Ceremony Tarumanagara Law Fair III dengan mengusung Tema “IMPLEMENTASI RESTORATIVE JUSTICE: MEDIASI SEBAGAI UPAYA PENYELESAIAN PERKARA WANPRESTASI”. Tidak hanya menghadirkan narasumber yang kredibel dan sangat berkompeten dalam bidangnya, yakni Dr. Gatot P. Soemartono, S.H., M.H., LL.M, dan Edy Wibowo. serta dipandu oleh moderator profesional, yakni Vera Wheni S, S.H., M.H., sebagai Moderator.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018