Fakultas Hukum Untar Kukuhkan Profesor Bidang Ilmu Hukum ke-2
Sabtu, 02 Juli 2022

Doc. Humas Untar

(Doc. Humas Untar)

Jakarta: Sabtu, 2 Juli 2022 telah dilangsungkan Sidang Terbuka Universitas Tarumanagara Pengukuhan Profesor Tetap Bidang Ilmu Hukum, Prof. Dr. Tundjung Herning Sitabuana, S.H., C.N., M.Hum. Dengan pengukuhan ini, FH Untar berhasil menghasilkan 2 (dua) Profesor/Guru Besar bidang ilmu hukum dalam 2 (dua) tahun terakhir sepanjang 59 tahun berdiri, setelah sebelumnya terlebih dahulu mengukuhkan Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn., yang juga merupakan Dekan Fakultas Hukum.

Pengukuhan Tundjung dilangsungkan di Aula Gedung M, lantai 8, Kampus 1 Universitas Tarumanagara. Prosesi Pengukuhan diikuti oleh 24 (dua puluh empat) Profesor/Guru Besar dari berbagai universitas, serta dihadiri 200 (dua ratus) tamu undangan yang hadir secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat, serta undangan yang hadir secara daring melalui Zoom dan Live Streaming Youtube.

Tundjung membawakan pidato pengukuhan dengan judul “Meneguhkan Tekad dan Semangat Mewujudkan Tujuan Negara berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (Tinjauan dari Perspektif Hukum dan Politik)”. Istri dari Hakim Mahkamah Konstitusi Prof. Arief Hidayat ini, merupakan dosen tetap Fakultas Hukum Untar.

Ia memiliki pengalaman panjang mengajar mata kuliah Hukum Kenegaraan, Hukum Tata Negara, Metode Penelitian Hukum, Legal Drafting, Pancasila, PLKH, serta mata kuliah lainnya. Selain pengajaran, Tundjung juga aktif melakukan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi lainnya.

Tundjung aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, juga produktif serta konsisten menerbitkan karya ilmiah baik jurnal maupun buku. Prosesi pengukuhan semakin istimewa karena dihadiri oleh keluarga besar Mahkamah Konstitusi, Hakim Konstitusi, Panitera, serta para staf, serta dihadiri oleh sejumlah tokoh akademisi, hukum, dan tokoh politik nasional.

 

RAP/FHUNTAR/2022

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018