Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Fakultas Hukum UNTAR

Visi

Menjadi Fakultas Hukum unggul di Asia Tenggara yang memiliki integritas, profesionalisme dan jiwa kewirausahaan pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu hukum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu hukum dan implementasinya di masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat sebagai aplikasi ilmu pengetahuan dan penelitian bidang hukum yang telah dilakukan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung kegiatan dunia usaha.
  4. Mengembangkan kerjasama dan memanfaatkan ilmu hukum secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan fakultas dan meningkatkan integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan.

Tujuan

  1. Membentuk dan menghasilkan lulusan yang berwawasan kebangsaan, menghargai pluralitas serta menjunjung tinggi moralitas bangsa dan berbudi luhur.
  2. Membentuk dan menghasilkan lulusan yang berintegritas, profesional, serta memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu mengembangkan kompetensi ilmu hukum.
  3. Menghasilkan dan mengembangkan ilmu hukum yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.
  4. Menghasilkan kerjasama dan jejaring di dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan yang berlandaskan nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan jiwa kewirausahaan.

Sasaran

  1. Meningkatkan dan Mengembangkan sistem manajemen mutu
  2. Meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen
  3. Meningkatkan kualitas dan dampak tridharma
  4. Meningkatkan nilai akreditasi Program Studi
  5. Meningkatkan reputasi Fakultas Hukum
  6. Diversifikasi pendapatan
  7. Mengembangkan Sistem Teknologi Informasi
  8. Mengembangkan SDM
  9. Meningkatkan kepuasan SDM dan Steakholder

 

Program Studi Sarjana Hukum

Visi

Menjadi  Program Studi Sarjana Hukum unggul di Asia Tenggara yang memiliki integritas, profesionalisme dan jiwa kewirausahaan dalam bidang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sarjana hukum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat dan mendukung pengembangan hukum Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat sebagai aplikasi ilmu pengetahuan dan penelitian yang telah dilakukan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun dunia usaha untuk mendukung pengembangan hukum Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa.
  4. Mengembangkan kerjasama dan memanfaatkan hukum Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan Program Studi Sarjana Hukum dan meningkatkan integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan.

Tujuan

  1. Membekali peserta didik dengan konsentrasi hukum arbitrase dan alternatif  penyelesaian sengketa melalui proses pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan yang bermutu tinggi dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat, nasional dan transnasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai integritas tinggi dan mampu memelihara serta mengembangkan ilmu pengetahuannya, sehingga mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang atau tingkat yang lebih tinggi dan mampu berperan serta dalam pengembangan ilmu hukum yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan.
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu hukum yang berwawasan ke-Indonesia-an dan global serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup stakeholders dan memperkaya kebudayaan nasional.
  4. Menghasilkan kerjasama bidang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa, serta jejaring di dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, dan jiwa kewirausahaan.

Sasaran

Menghasilkan lulusan yang bermutu tinggi, menguasai prinsip-prinsip keilmuan, dan terampil, khususnya di bidang hukum arbitrase dan alternatif penyelesaian sengketa dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat nasional dan transnasional.

 

Program Studi Magister Hukum

Visi

Menjadi Program Studi Magister Hukum unggul di Asia Tenggara yang memiliki integritas, profesionalisme dan jiwa kewirausahaan dalam bidang hukum perusahaan pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Program Studi Magister Hukum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesai (KKNI) dan berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan;
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat dan mendukung pengembangan hukum perusahaan di masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat sebagai aplikasi ilmu pengetahuan dan penelitian untuk mendukung pengembangan hukum perusahaan dalam kegiatan bisnis;
  4. Mengembangkan kerjasama dan memanfaatkan ilmu hukum perusahaan secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan Program Studi Magister Hukum dan meningkatkan integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan.

TUJUAN

    1. Menghasilkan cendekiawan di bidang hukum Perusahaan yang mampu menjunjung tinggi  almamaternya;
    2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai integritas tinggi, professional dan mampu memelihara serta mengembangkan ilmu pengetahuannya sehingga mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang atau tingkat yang lebih tinggi dan mampu berperan serta dalam pengembangan ilmu hukum Perusahaan dan penelitian empiris maupun normatif yang berwawasan ke-Indonesia-an dan global;
    3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu hukum Perusahaan yang berwawasan ke-Indonesia-an dan global serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup stakeholders dan memperkaya kebudayaan nasional;
    4. Menghasilkan kerjasama bidang Hukum Perusahaan dan jejaring dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, dan jiwa kewirausahaan.

Sasaran

Menghasilkan lulusan Magister Hukum yang menguasai bidang Hukum Perusahaan, dan berwawasan global dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat nasional dan transnasional.

 

Program Studi Magister Kenotariatan

Visi 

Menjadi Program Studi Magister Kenotariatan unggul di Asia Tenggara yang memiliki integritas, profesionalisme dan jiwa kewirausahaan dalam bidang hukum perusahaan dan properti pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Program Magister Kenotariatan yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan;
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu hukum kenotariatan yang mendukung kegiatan perusahaan dan properti di masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat sebagai aplikasi dari ilmu pengetahuan dan penelitian untuk mendukung pengembangan hukum perusahaan dan properti;
  4. Mengembangkan kerjasama dan memanfaatkan kompetensi Profesi Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan Program Studi Magister Kenotariatan dan meningkatkan integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan Magister Kenotariatan yang kompeten, berintegritas, profesional, dan berjiwa kewirausahaan serta menjunjung tinggi keluhuran profesi hukum;
  2. Menghasilkan Magister Kenotariatan yang mampu mengembangkan ilmu kenotariatan berdasarkan temuan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Menghasilkan Magister Kenotariatan yang terampil dalam mengaplikasikan ilmu kenotariatan bagi kepentingan pengguna/stakeholders;
  4. Menghasilkan kerjasama bidang Hukum Perusahaan dan Properti, serta jejaring dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, dan jiwa kewirausahaan.

Sasaran

Menghasilkan lulusan Magister Kenotariatan (MKn) yang menguasai bidang Hukum Perusahaan dan Properti yang berwawasan global dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat nasional dan transnasional.

 

Program Studi Doktor Hukum

Visi

Menjadi Program Studi Doktor Hukum unggul di Asia Tenggara yang memiliki integritas, profesionalisme dan jiwa kewirausahaan dalam bidang hukum bisnis pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Program Studi Doktor Hukum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan;
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat dan mendukung pengembangan hukum bisnis dalam kegiatan dunia usaha;
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat sebagai aplikasi ilmu pengetahuan dan penelitian untuk mendukung pengembangan hukum bisnis di masyarakat;
  4. Mengembangkan kerjasama dan memanfaatkan ilmu hukum bisnis secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan Program Studi Doktor Hukum dan meningkatkan integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan.

Tujuan

  1. Menghasilkan cendekiawan di bidang hukum bisnis yang memiliki integritas, profesional dan jiwa kewirausahaan;
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas tinggi dan profesional serta dapat mengembangkan ilmu pengetahuan hukum, sehingga mampu berperan dalam pengembangan hukum bisnis dan penelitian normatif maupun empiris yang berwawasan ke-Indonesia-an dan global;
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu hukum bisnis yang berwawasan ke-Indonesia-an dan global serta mengupayakan penggunaannya dengan memperhatikan kepentingan stakeholders;
  4. Menghasilkan kerjasama bidang hukum bisnis, dan jejaring dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, dan jiwa kewirausahaan.

Sasaran

Menghasilkan lulusan doktor hukum yang menguasai teori yuridis, filosofis, dan hukum bisnis yang berwawasan global, dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat nasional dan transnasional.