Visi, Misi, dan Tujuan

Fakultas Hukum UNTAR

Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara merupakan salah satu dari delapan Fakultas yang bernaung di Universitas Tarumanagara. Fakultas ini didirikan pada tanggal 1 Oktober 1962. Secara historis, fakultas ini tercatat sebagai fakultas tertua kedua di Universitas Tarumanagara.

Sejak awal, fakultas ini telah mengidenfikasikan diri sebagai lembaga pendidikan hukum, dalam rangka membantu tugas pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya di bidang ilmu hukum, dengan komitmen menyelenggarakan pendidikan sebaik-baiknya, fakultas ini berhasil mengembangkan diri, sehingga jenjang pendidikan yang dilaksanakan fakultas ini makin meningkat. Mulai dari jenjang pendidikan Sarjana (S1), sampai memiliki jenjang pendidikan Magister Hukum (S2), Magister Kenotariatan (M.Kn.) dan Doktor Hukum (S3), yang terakreditasi unggulan oleh BAN-PT.

Selain harus mempertahankan peringkat A (unggul), fakultas ini juga dituntut untuk membuktikan diri sebagai Fakultas Hukum terbaik dengan menghasilkan lulusan yang unggul, berintegrasi, profesional, dan memiliki jiwa kewirausahaan serta memberikan kontribusi terhadap masyarakat pengguna lulusan Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara.

 

VISI

Menjadi Fakultas Hukum unggul di Asia Tenggara yang memiliki integritas, profesionalisme dan jiwa kewirausahaan pada tahun 2025.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu hukum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan berlandaskan nilai-nilai integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan.

Menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu hukum di masyarakat.

Menyelenggarakan pengabdian masyarakat sebagai aplikasi ilmu pengetahuan dan penelitian bidang hukum yang telah dilakukan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung kegiatan dunia usaha.

Mengembangkan kerjasama dan memanfaatkan ilmu hukum secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan fakultas dan meningkatkan integritas, profesionalisme, serta jiwa kewirausahaan.

TUJUAN

Membentuk dan menghasilkan lulusan yang berwawasan kebangsaan, menghargai pluralitas serta menjunjung tinggi moralitas bangsa dan berbudi luhur.

Membentuk dan menghasilkan lulusan yang berintegritas, profesional, serta memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu mengembangkan kompetensi ilmu hukum.

Menghasilkan dan mengembangkan ilmu hukum yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Menghasilkan kerjasama dan jejaring didalam dan luar negeri yang saling menguntungkan yang berlandaskan nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan jiwa kewirausahaan.

SASARAN

Meningkatkan dan Mengembangkan sistem manajemen mutu.

Meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen.

Meningkatkan kualitas dan dampak tridharma.

Meningkatkan nilai akreditasi Program Studi.

Meningkatkan reputasi Fakultas Hukum.

Diversifikasi pendapatan.

Mengembangkan Sistem Teknologi Informasi.

Mengembangkan SDM.

Meningkatkan kepuasan SDM dan Steakholder.