Pengukuhan Dua Profesor Perkuat Komitmen Untar akan Mutu Pendidikan

Prof. Dr. Rasji, S.H., M.H. dan Prof. Ar. Dr. Ir. Fermanto Lianto, M.T., IAI. dikukuhkan menjadi profesor tetap Untar dalam sebuah prosesi yang diselenggarakan di auditorium kampus Untar, Rabu (6/12).

Prosesi dipimpin Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. dan dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti III) Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc.

Rasji menjadi Profesor Tetap Bidang Ilmu Hukum Tata Negara. Ia juga menjadi profesor kesembilan dari Fakultas Hukum (FH) Untar. Sedangkan, Fermanto merupakan alumni Prodi Sarjana Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Untar yang pertama menyandang gelar Profesor Tetap Bidang Ilmu Arsitektur.

Dalam pidato pengukuhan yang berjudul “Membangun Sistem Hukum Pengujian Peraturan Kebijakan di Indonesia”, Rasji menjelaskan peraturan kebijakan belum banyak dipahami sebagian besar orang, bahkan ahli hukum. Menurutnya, peraturan kebijakan merupakan suatu hal penting dalam sistem hukum di Indonesia.

Sementara, Fermanto menyampaikan pidato berjudul “Peran Rekayasa Teknologi dalam Mewujudkan Rancangan Arsitektur”. Ia mengungkapkan perlunya peran rekayasa teknologi dalam pemilihan sistem struktur yang tepat, guna mewujudkan suatu rancangan arsitektur.

Saat memberikan sambutan, Kepala LLDikti Wilayah III memberikan apresiasi kepada Untar atas kontribusinya untuk pendidikan tinggi. Menurutnya, Untar telah mendorong dosen untuk menjadi profesor baru dalam berbagai bidang ilmu.

“Pencapaian Untar ini menunjukkan komitmen Untar terhadap mutu pendidikan tinggi dan pengembangan ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pencapaian Untar ini adalah hasil dari kerja sama antara universitas dan para akademisi dalam menciptakan lingkungan akademik yang baik, sehingga mendorong lahirnya para pemimpin dan ahli dalam berbagai disiplin ilmu.

Sementara itu, Rektor Untar berharap kedua profesor baru ini dapat memberikan karya-karya bereputasi dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara, seraya berpesan untuk tetap rendah hati dan bertanggung jawab.

 

Riwayat Singkat Pendidikan dan Karir

Rasji mendapat gelar Sarjana Hukum dari FH Untar dan melanjutkan studi Magister Ilmu Hukum di Universitas Indonesia. Jenjang pendidikan doktor berhasil diselesaikan di Program Studi Doktor Ilmu Hukum Untar. Ia pernah dipercaya memegang berbagai jabatan struktural di Untar, yaitu sebagai Kaprodi Sarjana Hukum, Wakil Rektor IV, Wakil Rektor II, dan saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor.

Sedangkan, Fermanto Lianto adalah alumni Prodi Sarjana Arsitektur dan Magister FT Untar. Gelar Doktor Ilmu Arsitektur diraihnya dari Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2018 dengan IPK 4,0 dan memperoleh predikat “Dengan Pujian”. Fermanto yang juga seorang praktisi ini pernah menjabat Ketua Jurusan Arsitektur dan Perencanaan FT Untar tahun 2018-2022 dan sekarang menjabat Manajer Pengembangan dan Kerja Sama FT Untar. (DN/YS/AW)

Berita Terbaru

Agenda Mendatang

 

24

Mei

Hari Raya Waisak

25

Mei

Wisuda ke-83 Untar

27-29

Mei

Rapat Kerja Untar 2024

1

Juni

Hari Lahir Pancasila

31

Juli

Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru